Saturday, September 5, 2020

Tips Berkomunikasi dengan Orang Jepang dalam Bahasa Inggris

Untuk teman-teman yang sudah tinggal di Jepang, sudah menjadi rahasia umum bahwa komunikasi menjadi salah satu kendala yang sulit untuk dihindari. Terlebih lagi, apabila kita berkomunikasinya menggunakan bahasa Inggris. 


Ada gap komunikasi yang pasti akan terjadi jika kita berhubungan dengan orang dari negara lain dengan menggunakan bahasa asing. 

sumber


Berikut beberapa tips yang dapat saya bagikan ketika berkomunikasi dengan orang Jepang dengan menggunakan bahasa Inggris.

1. Gunakan bahasa yang sederhana


Ketika kita sama-sama tidak fasih dalam menggunakan bahasa Inggris, atau lawan bicaramu kurang mampu berbahasa Inggris darimu, maka gunakan bahasa Inggris yang sederhana. 

Bahasa yang sederhana bukan berarti harus singkat, lho. Bisa jadi malah lebih panjang. Karena istilah-istilah atau idiom yang kita ketahui belum tentu diketahui oleh lawan bicara. 

Menyederhanakan kalimat dengan bahasa yang mudah dicerna adalah kunci dari setiap komunikasi.

2. Atur tempo bicara dengan agak melambat


Sebagai sesama bukan penutur bahasa Inggris, sebaiknya kita memulai untuk bicara dengan tempo yang sedikit lebih lambat. Apalagi, jika lawan bicara kita tidak benar-benar paham tentang bahasa Inggris. Dengan berbicara dengan tempo yang melambat, kita akan membantu mereka untuk memahami apa yang sedang kita bicarakan, dan juga membantu kita untuk memahami apa yang mereka ingin katakan. Karena biasanya, lawan bicara akan mengikuti tempo yang kita gunakan.

3. Pemilihan Kata


Pemilihan kata yang kurang tepat terkadang membuat lawan bicara tidak mengerti atau bahkan marah karenanya. Terlebih lagi, bagi orang Jepang yang kurang percaya diri dengan kemampuan berbahasa Inggris, sering menyebabkan buruknya pemilihan kata yang digunakan. 

Sebagai contoh, ketika mereka ingin mengatakan "I don't mind", mereka justru mengatakan "I don't care". Dua frase ini serupa tapi tak sama. Yang satu menyiratkan mengijinkan sesuatu, yang satunya mengesankan keacuhan. 

Bagi kita yang menjadi lawan bicara orang dengan pemilihan kalimat yang buruk, yang harus kita lakukan adalah dengan tidak mengambil hati kalimat yang diucapkan. Sehingga, yang kita ambil adalah inti dari apa yang hendak dia katakan. Sehingga kita bisa saling memahami satu sama lain. Mungkin saja, kita justru bisa memberi tahu dia tentang penggunaan kalimat yang tepat, loh.

4. Ekspresif


Orang Jepang menyukai percakapan yang ekspresif. Hal itu juga tercermin dari setiap gaya mereka bercakap. Berbeda dengan orang dari kebanyakan orang di Eropa dan Amerika yang cenderung datar ketika berbicara, perasaan hati yang sedang dirasakan oleh orang Jepang tergambar jelas dari ekspresi kalimat yang diucapkannya.

Oleh karena itu, kita juga dapat menyesuaikan diri dengan menambahkan ekspresi pada setiap kalimat yang kita lontarkan agar mereka juga dapat mengerti ekspresi hati kita ketika berbicara dengan orang Jepang.


Itulah tips sederhana dari saya yang dapat readers lakukan ketika harus berhadapan dengan orang Jepang dalam forum diskusi dan lain sebagainya. Semoga membantu :) 




EmoticonEmoticon