Friday, May 10, 2019

Selayang Pandang Kurashiki, Okayama

Setelah berjanji pada teman-teman sejak 2013, baru di tahun 2019 ini saya berkesempatan untuk mengunjungi Okayama. Salah satu obyek wisata yang saya kunjungi adalah Kurashiki.

Kurashiki


Kurashiki adalah salah satu kota di perfektur Okayama yang terkenal dengan keindahan alam dan nuansa Jepang pada zaman dahulu kala. Kota ini sendiri mempunyai arti sebagai kota gudang. Karena sejarahnya, kota ini merupakan gudang beras di Jepang. Ada banyak sekali obyek wisata yang dapat kita kunjungi di Kurashiki. 

1. Bikan Historical Area

Daerah Bikan menjadi pusat perhatian di Kurashiki karena hampir seluruh bangunan yang ada bercat putih. 

Bikan District


Di sini juga mengalir sungai Kurashiki yang pada kedua sisi sungainya ditanami pohon willow. 

Kurashiki River

Beberapa museum terkenal seperti Ohara Museum of ArtMuseum of FolkcraftToy Museum, dan Archaeological Museum. Sayangnya, saya tidak punya banyak waktu untuk mengunjunginya satu per satu.


Ada satu toko yang saya kunjungi, yaitu toko yang menjual aksesoris yang terbuat dari bagian tanaman asli. Bagian tanaman tersebut diawetkan dengan menggunakan bahan kimia semacam lilin selama kurang lebih satu tahun. Lalu dibuat sebagai ornamen untuk aksesoris pada gelang, kalung dan anting.



Saya juga berkesempatan untuk mencoba jajanan yang ada di daerah ini, yaitu handmade sweet potato soft-cream. Terbuat dari ubi ungu khas Okinawa, dengan krim yang terasa sekali susunya. Dibuat oleh pasangan kakek dan nenek yang masih bersemangat.


2. Ivy Square

Ivy Square adalah sebuah tempat wisata yang hampir seluruh bangunannya dikelilingi oleh tanaman merambat.

Ivy Square


Dalam sejarahnya, Kurashiki pernah menjadi kota bayangan dari kota sebelah, yaitu Kojima. Kojima adalah kota yang terkenal dengan denimnya. Jepang pada saat itu berambisi untuk menjadikan Kojima sebagai koita penghasil denim terbaik. Oleh karena itu, Jepang melakukan penanaman tanaman kapas secara masif, dan kota yang terpilih untuk ditanami adalah kurashiki.

Bangunan pada Ivy Square ini merupakan bangunan bekas tempat pengolahan kapas dan produksi benang untuk pembuatan denim.


Terdapat 4 museum terkenal di kawasan Ivy Square, yaitu Kurabo MuseumKojima Denim MuseumMomotaro Karakuri MuseumPiggybank Museum. Sayang pula, saya belum berkesempatan untuk mengunjunginya satu per satu.

3. Mitsui Outlet Park


Bagi pecinta barang bermerk, dapat pula mengunjungi Mitsui Outlet Park. Tempat ini adalah surga bagi Anda yang suka berbelanja.

Image result for mitsui outlet park kurashiki


Rasanya kurang puas bermain di Kurashiki selama setengah hari saja. Lain kali, saya akan kembali lagi dan menjelajah Kurashiki lebih dalam lagi.


This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon