Saturday, July 7, 2018

Kuliner: Tempura Momiji khas dari Minou, Osaka

Halo readers, apa kabar hari ini? Semoga dalam keadaan yang sehat ya. Setelah beberapa tahun yang lalu saya pernah menulis tentang tempura Akasia dari Nagano, kali ini saya akan menulis tentang tempura Momiji.

Meskipun saya belum pernah memakannya, namun tempura ini menjadi salah satu daftar catatan pribada saya untuk saya lakukan suatu saat nanti.

Tempura Momiji dari Osaka


Momiji atau yang lebih dikenal sebagai daun maple, adalah salah satu dedaunan yang jarang sekali orang tertarik untuk memakannya. Namun, orang Jepang sepertinya pandai untuk memanfaatkan alam. Tepatnya di daerah Minou, Osaka, tempura momiji merupakan makanan tradisional semenjak tahun 1300an.

Tidak semua daun maple dapat dimakan. Rupanya ada tipe daun maple yang edible, yaitu daun maple tipe daun kecil yang berwarna kuning. Mengapa yang kuning, bukan yang merah atau hijau? Karena yang pada fase daun berwarna kuning itu ternyata mempunyai tekstur yang lebih lembut. Dan juga, ketika daun tersebut diawetkan melalui pengasinan atau pemberian garam, warna daun tidak akan berubah.

Warna daun momiji yang dapat dibuat tempura
Source: https://www.flickr.com/photos/maki_s_brown_eyes/2037500742


Untuk membuat tempura momiji ini, diperlukan waktu yang cukup lama untuk persiapannya. Pasalnya, untuk mengumpulkan daun maple ini, kita harus menunggu akhir musim gugur untuk dapat memanen daun maple berwarna kuning. Kemudian, kita awetkan dengan pemberian garam dan didiamkan selama setahun lamanya sebelum digoreng.

Proses pengasinan daun momiji kuning
Source: https://otb.news/nhat-ban/du-lich-am-thuc/tempura-la-phong-chien-gion.html

Proses penggorengan tempura momiji
Source: https://firstwefeast.com/eat/2014/10/the-real-taste-of-fall-is-deep-fried-maple-leaves-not-psl

Bagaimana dengan rasa tempura momiji ini? Rasanya manis, karena diberi penambahan gula sebelum digoreng. Namun, jika tidak diberi gula, maka tidak akan ada rasanya. Videonya dapat disaksikan disini.

Kita dapat membeli tempura momiji ini di toko Hisakuni Kousendo di Minou, Osaka. Berikut adalah alamatnya,

Hisakuni Kousendou
Address: Osaka, Minoo, Minno 1-1-40
Hours: 9:30-18:00
Closed: Thursdays
Prices: 320-1500 yen
Phone: 072-721-2747
Other Languages: English and Chinese
Website: http://www.hisakuni.net (Japanese)

Momiji Tempura
Source: https://matcha-jp.com/en/740

Neither Queen nor Princess. I'm just a Luminous Angel. Too much, huh?? Nah! That's my name, Luminous Angel or let say in my language, Diana Hapsari :)


EmoticonEmoticon