Thursday, March 10, 2022

Pengalaman Menghadapi Musim Dingin di Jepang

Halo readers, menyambung tulisan sebelumnya mengenai kebiasaan orang Jepang pada musim dingin, kali ini Ai akan bercerita mengenai pengalaman menghadapi musim dingin di Jepang. Seperti yang kita semua tahu bahwa Jepang mempunyai 4 musim yang salah satunya adalah musim dingin, berikut adalah pengalaman Ai tinggal di negara dengan musim dingin selama 11 tahun ini.


Salju

Seperti Apa Sih Rasanya Tinggal di Daerah Dingin Bersalju?


Tinggal di daerah yang dingin dan mempunyai 4 musim pastinya berbeda dengan tinggal di daerah dengan 2 musim saja. Meskipun sama-sama "sedang musim dingin", namun tinggal di daerah 4 musim ketika musim dingin mempunyai sensasi tersendiri yang tidak bisa kita temukan di daerah dingin di Indonesia. Berikut Ai bagikan pengalaman Ai tentang rasanya tinggal di daerah dingin di Gifu.


Kedinginan di musim dingin, kepanasan di musim panas


Gifu, terutama di daerah sekitar Gifu University, adalah daerah yang sangat dikelilingi dengan perbukitan. Dari depan apartemen, Ai sudah bisa melihat dengan jelas pergunungan dan perbukitan yang akan menjadi putih ketika sedang turun salju. 


Di belakang Ai itu sebetulnya adalah gunung,
tidak terlihat karena sedang bersalju

Karena dekat sekali dengan perbukitan, maka hal tersebut mempengaruhi suhu di daerah sekitar. Di musim dingin, kota Gifu itu tidak pernah mencapai di bawah -5 derajat Celcius, namun katanya, dinginnya melebihi Hokkaido yang selalu mencapai suhu -20 derajat Celcius. Hal ini disebabkan karena adanya angin


Aliran angin di Gifu ini sungguh tidak santai sekali. Angin berhembus dari atas bukit dan dinginnya merasuk hingga ke tulang. Tak jarang suara angin di luar itu menakutkan sekali. Serasa mau ada badai, padahal hanya angin saja. Sebaliknya, ketika musim panas, karena angin jugalah yang kemudian membuat Gifu menjadi tempat paling panas se-Jepang dengan suhu maksimal hingga mencapai lebih dari 40 derajat Celcius setiap tahunnya. Angin ketika musim panas sangat menampar kulit hingga membakar. Bahkan menyebabkan orang masuk rumah sakit hingga meninggal dunia akibat terkena heat stroke


Readers di Indonesia saja suhu AC 20 derajat sudah mengeluh dingin, kan? Nah ini suhu sampai -2 derajat loh!! Lalu readers di Indonesia juga selalu mengeluh dengan panasnya suhu 33 derajat. Bayangkan tinggal di Gifu dengan suhu 40 derajat. Bayangkan sengatannya seperti apa. Bagi kami. suhu 33 derajat adalah suhu yang sangat nyaman ketika musim panas. Dan suhu 20 derajat adalah suhu yang sangat hangat ketika musim dingin.


Musim dingin membuat boros pengeluaran


Bagaimana Ai tidak boros, readers? Setiap mandi harus menggunakan air hangat. Mencuci piring juga dengan air hangat. Sedangkan air hangat butuh gas dan listrik. Belum lagi, setiap makan maunya pakai sup agar badannya hangat. Butuh gas lagi. Lalu, ketika tidur juga harus menggunakan penghangat, bisa pakai AC, bisa pakai penghangat listrik. Karena itulah, tagihan listrik dan gas akan meningkat hingga dua atau tiga kali lipat selama musim dingin. 


Waktu tidur lebih lama


Musim dingin mempunyai waktu malam yang lebih panjang. Maghrib biasanya dimulai dari pukul 4 sore dan subuh pada pukul setengah 6 pagi. Oleh karena itu, Ai seringkali tidurnya lama. Di musim dingin, Ai biasa bangun pukul setengah 7 pagi dan masih mendapat waktu subuh. Sayangnya, kebiasaan ini tidak bisa hilang saat musim panas. Di musim panas, waktu subuh sedari pukul setengah 3 pagi. Sehingga ketika Ai bangun pukul setengah 7, Ai seharusnya shalat dhuha saja T_T.


Banyak virus influenza


Influenza di Jepang sangat berbeda dengan influenza di Indonesia. Influenza dari Indonesia, bagi orang Jepang adalah masuk angin saja atau yang biasa disebut dengan kaze. Sebaliknya, influenza dari Jepang, bagi orang Indonesia disebut sebagai flu burung. 


Selama musim dingin, virus influenza ini sangat merajalela. Sebelum era pandemi Covid-19, influenza merupakan penyakit endemik yang menyerang dari anak kecil hingga orang dewasa. Ai sendiri pernah dua kali terserang influenza, padahal sudah vaksin loh! Sehingga, untuk mencegah penularan virus ini, penduduk disarankan untuk melakukan vaksinasi influenza setiap tahunnya. 


Harga sayur dan buah naik


Karena musim dingin, produksi sayur dan buah terbatas. Sehingga harga sayur dan buah akan mengalami kenaikan. Namun sebaliknya, harga jeruk sedikit turun. Hal ini disebabkan karena di musim dingin adalah masa di mana banyak varietas jeruk yang memasuki masa panen. 


Merindukan Indonesia yang hangat


Sebagai orang Indonesia totok yang tidak tertarik mengganti kewaranegaraan, Ai selalu merindukan hangatnya sinar matahari di Indonesia. Sungguh, Jepang memang sangat indah dengan segala pesona alamnya. Namun, untuk tinggal lama, Indonesia masih lebih nyaman untuk Ai dibandingkan dengan Jepang. Indonesia hangat. Jika pagi hari sangat sejuk dengan udara yang segar. Di Gifu terutama, di musim dingin, udara yang dihirup sangat dingin. Membuat hidung mimisan. Sedangkan ketika musim panas, jam 5 pagi saja menghirup udara sudah tidak enak karena kelembabannya yang tinggi namun suhunya juga tinggi. 


Begitulah, readers, pengalaman Ai tinggal di daerah dingin. Sungguh, jika setiap tahun harus mengalami kedinginan ini, lebih baik Ai tidak usah merantau ke luar negeri saja. Sungguh.


EmoticonEmoticon