Tuesday, March 24, 2020

Spongebob itu Makhluk Apa sih?

Halo readers,

Masih edisi Spongebob nih! Ada yang penasaran sebenarnya makhluk jenis apa sih Spongebob itu? Yuk mari kita ulas bersama.

Jadi, readers, seperti namanya, Spongebob itu adalah hewan laut yang merupakan jenis spons atau sponge. Spons ini adalah anggota dari filum Porifera. Ada banyak sekali jenisnya dan warna loh.

Karena Spongebob berwarna kuning, maka kali ini kita akan membahas spons yang berwarna kuning. Ada loh, readers di dunia nyata.

Spongebob Squarepants
Ada setidaknya 3 jenis spons berwarna kuning dari genus Aplysina, yaitu Aplysina fistularisAplysina insularis, dan Aplysina cavernicola. Dan banyak jenis dari genus lainnya.

Image result for aplysina insularis
Aplysina fistularis

Jika bentuk spons dari genus Aplysina adalah lonjong, ada spons dari genus Tethya yang berbentuk bulat. Jadi, tidak heran jika orang tua Spongebob mempunyai bentuk bulat, karena memang ada spesies asli spons laut memang ada yang bulat. 

Image result for spongebob's parents
Orang tua Spongebob

Salah satu spesiesnya adalah Tethya aurantium yang hampir berbentuk kotak agak bulat. Mirip sekali dengan Spongebob. 

Image result for Tethya aurantium
Tethya aurantium

Beberapa spesies dari spons laut ini hermaprodit, loh!. Terutama yang berasal dari genus Aplysina. Nah, jika inspirasi Spongebob itu adalah dari Aplysina, maka Spongebob itu hermaprodit, readers! Hmm....pantas saja, meski sudah berusa 30 tahunan, Spongebob tidak pernah diceritakan tentang adegan romantisme, ya!! Jangan tanya mengapa orang tua Spongebob berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, ya :D


EmoticonEmoticon