Wednesday, December 13, 2017

Berwisata Religi ke Horyu-Ji, Nara

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan berpetualang  ke Nara Prefecture. Namun, saya tidak mengunjungi Todaiji atau kuil buddha yang terkenal di nara yang banyak kijangnya itu. Kebetulan pula saya sudah pernah kesana 4 tahun yang lalu disini. Namun kali ini, petualangan saya membawa saya ke daerah lain di sekitar Nara. Dan berikut ini adalah sedikit ulasan saya mengenai surga tersembunyi di Nara. Kali ini adalah.....

Horyu-ji Temple


Menurut Wikipedia, kuil ini merupakan salah satu dari 7 kuil terbesar di Nara, Jepang. Dalam sejarahnya, kota Nara ini merupakan salah satu kota tertua di Jepang dan merupakan pusat pemerintahan pada jaman dahulu, sebelum memasuki Jaman Edo. Sehingga di Nara, banyak sekali kuil-kuil tua yang penuh dengan sejarah.

Kuil Horyu-ji sendiri merupakan kuil pemujaan Buddha, terkhusus kepada Bhaiṣajyaguru, Buddha penyembuh yang dianggap telah menyembuhkan ayah dari Prince Shotoku, salah satu pangeran terkenal di Nara pada masanya. Prince Shotoku sendiri adalah salah satu pangeran yang terkenal dengan langkah politiknya menyatukan kerajaan dengan pemerintahan modern. Uniknya, Prince Shotoku mempunyai keturunan Korea.

Di museum yang terdapat di dalam Horyu-ji temple ini, kita dapat melihat banyak sekali sejarah Prince Shotoku dan Buddha. Uniknya di museum itu, rupanya tidak hanya ajaran Buddha saja, melainkan ada juga sisipan ajaran Hindu. Hal itu terlihat dari adanya arca Bathara Indra dan Brahma, yang kita ketahui bahwa mereka berasal dari ajaran Hindu.

www.ailovecinta4.blogspot.com
Pintu gerbang Horyu-Ji


www.ailovecinta4.blogspot.com
Pagoda Horyu - Ji

www.ailovecinta4.blogspot.com
Yumedono roof decoration
Salah satu dekorasi unik pada kuil Horyi-Ji

Kuil Horyu-Ji ini sarat akan perjalanan Prince Shotoku dalam menjalani hidupnya dan juga ketika beliau belajar agama Budha.  Di samping itu, berkunjung di kuil ini bukan hanya mendapatkan sejarah, namun juga pemandangan menarik khas kota tradisional Jepang.

www.ailovecinta4.blogspot.com
Salah satu jalan menuju ke Horyu-Ji, yang dipenuhi dengan pohon pinus di kanan dan kirinya
www.ailovecinta4.blogspot.com
Kompleks di sekitar Horyu-Ji
Selain itu, bagi penggemar Pokemon Go, rupanya di tempat ini juga terdapat beberapa macam pokemon yang tidak dapat ditemukan di tempat lain loh. Namun, hati-hati jika bermain Pokemon Go disini, karena ada larangan di beberapa tempat penting agar tidak bermain Pokemon-Go.
www.ailovecinta4.blogspot.com
Pokemon Go 
Informasi lebih lengkap mengenai kuil ini dapat diakses melalui situs ini. Kita cukup membayar 300 yen untuk dapat memasuki pelataran kuil ini dan juga museumnya. Namun, sayang sekali kita tidak bisa mengambil gambar dan video di dalam museum, karena berisikan artefak asli peninggalan jaman Prince Shotoku.

Neither Queen nor Princess. I'm just a Luminous Angel. Too much, huh?? Nah! That's my name, Luminous Angel or let say in my language, Diana Hapsari :)


EmoticonEmoticon