Thursday, April 7, 2022

Morning Setto: Sebuah Servis Sarapan Murah di Daerah Chubu, Jepang

Halo readers, musim semi di Jepang sudah berlangsung hampir 3 minggu dan bunga sakura sedang mekar-mekarnya, loh. Ketika Ai mengawali tulisan ini, adalah di pagi hari. Karena sedang puasa, jadi Ai bengong saja pagi ini. Tiba-tiba Ai teringat dengan masa-masa di Gifu. Dulu, setiap pagi seperti ini, Ai sesekali mampir sarapan ke cafe atau restoran sebelum berangkat ke kampus. 


Kalau pagi itu rasanya pengen ngemil ini


Daerah Chubu, yaitu sekitar Perfektur Aichi, Mie, Gifu, dan Nagano, mempunyai kesamaan yang khas mengenai sarapan pagi. Yaitu adanya モーニングセット atau morning setto atau morning set. Apa itu? Morning setto adalah sebuah set sarapan yang sangat dikenal dari daerah Chubu dan tidak banyak atau tidak lazim ditemukan di daerah lain di Jepang. Morning setto terdiri dari minuman dan set sarapan dengan kudapan yang khas dari cafe atau restoran tersebut dan harganya sangat murah. Biasanya, dipatok dengan harga 500 yen.


Dengan harga 500 yen, kita sudah bisa kenyang plus minum kopi atau teh. Beberapa contoh Morning Setto yang menjadi favorit Ai adalah sebagai berikut.


Restoran GUSTO



Ini adalah menu morning set dari restoran Italia, Gusto. Gusto adalah sebuah family restaurant yang harganya sangat bersahabat dengan kantong mahasiswa. Saya biasanya mengorder set A dengan tidak menyertakan sosis dan bacon dan biasanya mereka ganti dengan kentang rebus. Dua telur dengan kentang rebus cukup untuk mengisi perut saya sampai makan siang nanti. 


Komeda Cafe



Lain halnya dengan kafe Komeda. Di kafe ini, morning setnya adalah berupa setengah roti tawar tebal dengan pilihan pilihan selai ditambah dengan telur rebu atau pasta kacang merah manis atau mashed egg sesuai pilihan yang disuka. Favorit saya adalah dengan telur rebus. Harganya sesuai dengan harga kopi yang dipesan. Saya biasanya memesan cafe au lait dengan harga hanya 300 yen. jadi, 300 yen sudah nambah morning set. Jika sudah lewat jam 11 pagi, dengan 300 yen itu kita hanya dapat cafe au lait saja tanpa morning set.


Ranpu Cafe



Di kafe Ranpu juga sama, menunya adalah potongan roti tawar tebal dengan selai, telur rebus dan ditambah yogurt. 


Hampir semua menu morning set adalah menu sarapan ala western, yaitu roti tawar dan telur rebus. Ada juga yang menyajikan sandwich ringan dengan isian telur juga. Ada juga yang menyajikan pizza sayuran dengan saus tomat dengan ukuran kecil. 


Morning set di daerah Chubu, terutama di Gifu adalah sesuatu yang a real deal. Karena biasanya, kakek dan nenek akan melepas lelah setelah jalan-jalan pagi dengan pergi ke kafe, nongkrong dengan teman-temannya, sesama kakek-nenek, bercerita sambil menyesap kopi dan memakan morning set. Harganya pun cukup murah. Maka tak heran jika kita pergi ke cafe di pagi hari, akan banyak ditemui kakek dan nenek. 


Meskipun begitu, Ai tetap saja pergi berburu morning set tiap pagi. Mungkin Ai seleranya seperti kakek nenek ya hehe. Ah...jadi rindu dengan Gifu. Di Tsukuba, rupanya tidak ada yang menyediakan Morning Set. Bahkan di Gusto sekalipun yang merupakan restoran franchise yang sama, rupanya tidak menyediakan Morning Set seperti Gusto yang ada di daerah Chubu. Ah..jadi semakin malas untuk keluar pagi hehe.

2 comments


EmoticonEmoticon